Posted by : Unknown Selasa, 05 Maret 2013


Mempunyai shortcut (tombol pintas/cepat) pada keyboard akan menambah produktifitas kita dalam menggunakan komputer. Sering kalishortcut ini dipakai untuk mempercepat penggunaan pada keyboard.
Sebagai contoh, menyorot teks dengan keyboard dan menekan Ctrl + C jauh lebih cepat daripada mengambil tangan Anda dari keyboard, menyoroti teks menggunakan mouse, mengklik salinan dari menu file, kemudian meletakkan tangan Anda kembali ke tempatnya pada keyboard. Berikut adalah 10 tips/cara shortcut keyboard yang utama dan disarankan semua orang menghafal dan menggunakan:
1. Ctrl + C atau Ctrl + Insert
Salin teks yang disorot atau item yang dipilih.
2. Ctrl + V atau Shift + Insert
Paste teks atau objek yang ada di clipboard.
3. Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Undo perubahan. Misalnya, jika Anda memotong teks, menekan ini akan membatalkannya. Ini juga bisa sering ditekan beberapa kali untuk membatalkan perubahan beberapa. Menekan Ctrl + Y akan mengulang membatalkan.
4. Ctrl + F
Buka “Find” (pencarian) dalam program apapun. Ini termasuk di browser Internet Anda untuk mencari teks pada halaman saat ini.
5. Alt + Tab atau Alt + Esc
Cepat beralih antara program yang terbuka, bergerak maju.
  • Tips: Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah di antara tab dalam sebuah program.
  • Tips: Menambahkan tombol Shift untuk Alt + Tab atau Ctrl + Tab akan bergerak mundur. Misalnya, jika Anda menekan Alt + Tab dan akan tampak program-program yang sedang dibuka dan Anda bisa beralih ke program yang diinginkan. Jika tekan Alt + Tab + Shift untuk pindah ke program lain secara mundur.
  • Tips: Pengguna Windows Vista dan 7 juga dapat menekan tombol Windows + Tab untuk berpindah melalui program terbuka di screenshot beberapa Window.
6. Ctrl + Back space dan Ctrl + tanda panah Kiri atau Kanan
Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus kata penuh dan bukan sebuah karakter tunggal/huruf.
Menekan tombol Ctrl sambil menekan panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor satu kata, bukan satu karakter. Jika Anda ingin menyoroti satu kata secara langsung dan cepat, Anda dapat menekan Ctrl + Shift, kemudian tekan tombol panah kiri atau kanan untuk bergerak satu kata secara cepat dan sambil menyoroti setiap kata.
7. Ctrl + S
Ketika bekerja pada sebuah dokumen atau file lainnya di hampir setiap program, menekan Ctrl + S akan menyimpan file tersebut. Ini shortcut key yang sering digunakan kapan saja Anda bekerja.
8. Ctrl + Home atau Ctrl + End
Pindahkan kursor ke awal atau akhir dokumen.
9. Ctrl + P
Cetak halaman yang sedang dilihat. Misalnya, dokumen Microsoft Word atau halaman web pada browser Internet Anda.
10. Page Up, Space bar dan Page Down
Dengan menekan baik tombol Page Up maupun Page Down akan memindahkan halaman yang satu ke halaman lain dengan cara cepat dan sesaat saja. Ketika kita membrowsing internet menekan space bar juga akan memindahkan halaman ke bawah satu halaman secara cepat. Jika Anda menekan Shift dan Space bar halaman akan naik halaman secara cepat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 service dan reparasi komputer laptop dan merakit komputer - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -